Kota Siak Jadi Tempat Liburan Favorit Tahun Baru 2017 di Riau

Siak – Kota Siak Sri Indrapura jadi tempat favorit liburan Tahun Baru 2017 di Riau. Wisatawan dari Pekanbaru dan daerah lain pun tumpah ruah.

Kota Siak Sri Indrapura letaknya sekitar 100 km arah timur dari Pekanbaru. Paling mudah menjangkau kota tersebut, tentunya lewat jalur darat dengan jalan yang mulus. Ada juga transportasi air melintasi aliran sungai Siak. Hanya saja transportasi air ini sangat terbatas.

Saat liburan Tahun Baru 2017, Kota Siak menjadi andalan warga Riau untuk membawa keluarganya refleksi sejenak di kota yang rapi itu. Menjelang masuk kota Siak, ada jembatan membentang dengan arsitektur nan indah.

Jembatan tersebut, juga menjadi andalan Pemda Siak di bawah pimpinan Bupati Syamsuar. Jembatan ini menjadi kebanggaan warga Siak dalam menyambut kunjungan tamu yang datang ke sana. Tak jarang, warga yang datang ke Kota Siak berhenti sejenak di jembatan itu untuk mengabadikan lewat jepretan kamera.

Dari atas jembatan ini, mata pengunjung juga dimanjakan pemandangan Sungai Siak yang dikenal sungai terdalam di Indonesia. Di atas jembatan itu, bisa melihat dari kejauhan Kota Siak nan asri itu.

Memasuki kawasan kota, susunan rumah warga dan perkantoran juga terlihat rapi. Pohon-pohon besar dan serangkaian bunga menghiasi sudut-sudut kota.

Yang paling dicari tentunya adalah objek wisata bangunan Istana Siak nan megah. Kendati usianya sudah di atas 100 tahun, Istana Siak masih berdiri kokoh dengan halaman rumput nan hijau serta indahnya taman bunga.

Di situlah, warga yang berkunjung ke Istana Siak, akan melihat benda-benda bersejarah yang ada dalam istana. Masuk dalam Istana Siak, seakan kita kembali ke masa kejayaan kerajaan Siak Sri Indrapura yang pernah bertahta hingga awal kemerdekaan 1945 silam.

Di sebelah istana, kita akan melihat sebuah kapal terbuat dari besi. Kapal ini penuh dengan sejarah. Kapal tersebut pernah keleling ke Eropa semasa kesultanan ke XI dari XII kesultanan yang pernah berkuasa.

“Alhamdulilah, Tahun Baru 2017 ini Kota Siak ramai dikunjungi masyarakat di Riau. Termasuk warga dari sejumlah provinsi tetangga,” kata Kapala Bapeda Siak, Yan Prana kepada detikTravel, Senin (2/1/2017).

Masih menurut Yan, saat liburan Tahun Baru 2017, lalu lintas di kota Siak menjadi macet. Kemacetan ini karena banyaknya pengunjung yang datang. Sehingga kendaraan terpaksa pakir di bahu jalan.

“Kunjungan wisatawan lokal ke Siak di awal tahun 2017 ini sangat luar biasa ramainya. Kami tidak menyangka akan seramai ini,” kata Yan.

Selain Istana Siak yang jadi tujuan utama para pengunjung, kini Pemkab Siak punya objek wisata lainnya. Objek wisata lainnya adalah, taman yang membentang panjang di tepi Sungai Siak.

Dalam dua tahun terakhir, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Siak , Irving Kahar Arifin, menyulap kawasan tepi sungai yang kumuh menjadi taman bunga.

Turap yang dibangun Pemkab Siak ini, seakan menjadi contoh bagi daerah lainnya yang ada di Riau. Bagaimana tidak, sejauh mata memandang, turap yang dibangun menjadi taman ini menjadi daya tarik tersendiri.

Di sepanjang turap itu, ada arena untuk bermain anak-anak. Ditumbuhi pohon dan bunga. Ada juga warung-warung di tepi sungai yang menjajakan berbagai makanan.

Bangunan turap akan semakin terlihat indah yang posisinya di depan kawasan Istana Siak. Padahal, dulunya kawasan itu tempat yang kumuh. Di mana warga menjadikan tepi sungai Siak bagian dari belakang rumahnya.

Pemkab Siak membangun turap yang megah untuk memanjakan warga yang ingin bersantai di tepi sungai Siak. Sembari duduk di tepi sungai, pemandangan akan semakin menarik tatkala kapal-kapal tongkang pengangkut kayu melintas.

Malam hari, bangunan turap akan tampak semakin mempesona. Kerlap-kerlip lampu hias menjadi tambahan tersendiri.

“Sekarang tak hanya Istana Siak saja jadi tempat kunjungan warga. Malah sebagian besar menghabiskan waktunya di bangunan turap di tepi sungai. Apa lagi malam tahun baru, warga banyak membawa keluarganya menikmati pergantian tahun di tepi sungai Siak yang sudah kami bangun,” kata Irving.

Jika anda penasaran dengan kemolekan Kota Siak, tak ada salahnya mampir sejenak di kota yang penuh sejarah itu.

Sumber : https://travel.detik.com/domestic-destinations/d-3386207/kota-siak-jadi-tempat-liburan-favorit-tahun-baru-2017-di-riau

Related posts

Leave a Comment